Sunday, March 2, 2014

Cerpen Kita: TIARA

TIARA (Tentang Impian Asa & Rasa)


“Ibu!”  teriak  Ani  putriku  sembari  memeluk  diriku  dari  belakang.    Kutengok  wajah  polos  putriku  yang  terlihat  ceria  meski  ada  sedikit  bayang  letih  setelah  selesai  bermain-main  dengan  teman-teman  sebayanya.

Setiap  sore  selesai  belajar  mengaji  di  surau  sederhana  ini  memang  putriku  tak  langsung  mau  pulang  ke  rumah  dulu.  Selepas  mengaji  ia  langsung  pergi  bermain  dengan  teman-temannya.  Tak  peduli  tiap  hari  aku  selalu  menyuruhnya  untuk  pulang  terlebih  dahulu  untuk  sekedar  menganti  baju  untuk  bermain.

Meskipun  begitu  tetap  saja  aku  tak  bisa  marah  terhadap  putriku.  Walau  aku  tahu  dengan  pasti  tiap  kali  ia  pulang  bermain  maka  baju  muslimah  yang  ia  pakai  untuk  mengaji  akan  kotor  disana-sini.  Lagipula  aku  akan  selalu  mencucinya  pula.

Setelah  puas  ia  bergelayut  di  pundakku,  barulah  ia  kusuruh  melepas  pakaiannya  untuk  kemudian  kumandikan.  Meski  baru  kelas  3  SD,  tapi  putriku  telah  pandai  membaca  Al Quran.  Memang  dari  sebelum  ia  masuk  sekolah  pun,  aku  telah  mengajarinya  mengaji.  Di  surau  sederhana  yang  dibangun  oleh  almarhum  kakekku  inilah  aku  mengajari  putriku  belajar  mengaji.

Tak  hanya  putriku  saja,  ada  beberapa  anak-anak  yang  sebaya  dengan  putriku  juga  ikut  belajar  mengaji  di  surau  sederhana  ini.  Mulanya  aku  pun  tak  berniat  untuk  mengajari  mereka.  Tapi  belakangan  aku  sedang  banyak  waktu  senggang,  sehingga  berdiam  di  rumah  pun  tak  kerasan  rasanya. 

Awalnya  Fitri,  salah  seorang  sahabatku  yang  mengajar  mengaji  disini.  Beberapa  kali  aku  mengantarkan  putriku  mengaji,  karena  memang  surau  yang  terletak  tak  begitu  jauhnya  dari  rumahku.  Berhubung  karena  beberapa  kali  Fitri  tak  hadir  karena  ada  keperluan,  aku  terpaksa  menggantikan  posisinya.

Tentu  saja  awalnya  aku  canggung  karena  berarti  aku  juga  mengajari  putriku  sendiri.  Bukan  aku  tak  mau,  hanya  saja  aku  fikir  masih  ada  Fitri  yang  kuanggap  lebih  bisa  dan  lebih  baik  dalam  mengajari  anak-anak  di  desa  kami  ini.

Tapi  suatu  hari  ibuku  bilang  jika  putriku  mengajarinya  doa  sebelum  tidur  sewaktu  ibuku  sedang  berbaring  santai  di  kamarnya.  Tentu  saja  ibuku  tersenyum  senang,  karena  sebenarnya  ibuku  sudah  tahu  doa  tersebut.  Tapi  ibuku  pura-pura  belum  tahu,  dan  tetap  minta  diajari  doanya  oleh  putriku.

Setelah  selesai  diajari  doa  tersebut  oleh  putriku,  ibuku  pun  bertanya  dari  siapa  putriku  belajar  doa  tersebut.  Tentu  saja  putriku  menjawab  bahwa  akulah  yang  mengajarinya.  Putriku  juga  memberitahu  jika  sesekali  aku  mengantikan  mengajar  di  surau.

“Sayang  ilmu  kamu.  6  tahun  mondok  di  pesantren  masa  cuma  disimpan  sendiri  saja?”  begitu  ibu  berkata  padaku.

Akhirnya  setelah  ibu  menasihatiku,  juga  beberapa  kali  ajakan  dari  Fitri,  maka  resmilah  aku  menjadi  pengajar  di  surau  ini.  Lagipula  Fitri  memang  selama  ini  hanya  sendiri   mengajar  di  surau  ini.  Sejak  itu  mulailah  hari-hariku  diisi  dengan  kegiatan  mengajar  anak-anak  belajar  mengaji.

Setelah  selesai  memandikan  putriku  dan  mengganti  pakaiannya  dengan  yang  baru,  kusisir  rambutnya  yang  panjang  terurai.  Tercium  aroma  wangi  dari  sana,  khas  anak-anak  yang  memang  belum  terjamah  kotoran  dosa.

Kutemani  putriku  bermain  lagi  di  halaman  depan  rumah  kami  yang  memang  cukup  luas.  Sudah  ada  beberapa  temannya  yang  datang  untuk  mengajaknya  bermain  lagi.  Tak  ku  hirau  bila  ia  berkotor-kotor  lagi,  tentu  bila  tak  disengaja  pula.  Ku  biarkan  ia  bermain  sepuas  hatinya  bersama  teman-temannya.

“Jangan  bengong,  nanti  ada  yang  lewat  tuh....”  sebuah  suara  membuatku  menolehkan  pandanganku  ke  sumbernya.  Seorang  pria  yang  cukup  tinggi,  lebih  tinggi  dariku  tentu  saja,  berdiri  gagah  bersama  Fitri  yang  datang  bersama  Nisa,  putrinya  yang  baru  berumur  5  tahun.

“Masih  ingat aku?”  tanya  sang  pria.  Potongan  rambutnya  tercukur  cukup  pendek  dan  rapi  pula.  Tak  ada  kumis  diatas  bibirnya  yang  selalu  tersenyum.  Sedikit  janggut  rupanya  ia  biarkan  tumbuh  dibawah  dagunya  dengan  bentuk  rahang  yang  nyaris  berbentuk  kokoh.

“Tentu  saja”  sahutku  sembari  membalas  senyumnya.
“Gimana  kabar  kamu?”  tanyanya.  Tak  ada  uluran  tangan  untuk  bersalaman  diantara  kami.  Kuyakin  ia  pun  tahu  menyentuh  seseorang  yang  bukan  muhrimnya  ialah  dosa,  walaupun  sekedar  bersalaman  saja,  karena  aku  juga  tahu  ia  pernah  mondok  juga  sepertiku  hanya  saja  berbeda  pesantren.

Kulayangkan  ekor  mataku  ke  arah  Fitri.  Fitri  langsung  menangkap  maksudku,  Fitripun  duduk  disampingku.  Sang  pria  tetap  berdiri  tegap.

“Baik”  jawabku  kemudian.
“Kamu?”  kubalas  tanya  padanya.
“Masih  sama  seperti  yang  dulu”  balasnya  dengan  tetap  tersenyum.

Kupandang  Fitri  dengan  pandangan  penuh  tanya.  Fitri  pura-pura  tak  melihatku  dan  sibuk  bercengkerama  dengan  putrinya.

“Aku  mau  mampir  sekalian  pengen  tahu  kabar  kalian”  seakan-akan  tahu  bahwa  aku  sedang  bingung  sang  pria  berkata.
“Juga  sekalian  ingin  minta  kesempatan  kedua”   Fitri  ikut  bersuara.
Kurasakan  keningku  berkerut.
“Aku  sudah  menunggu  selama  11 tahun.  Kurasa  itu  sudah  cukup  sebagai  hukuman.  Beri  aku  kesempatan  lagi  kumohon”  pintanya.
“Ayolah,  lagipula  kamu  sudah  bercerai  pula.  Kini  kamu  sendiri  lagi”  Fitri  membantu  menyerangku  tepat  di  sasaran.
“Kenapa  dulu  kamu  kabur?”  sergahku  kepada  sang  pria.
“Waktu  itu  aku  masih  anak-anak”  elak  sang  pria.
“Aku  juga”  balasku  langsung.

“Aku  mohon  maaf”  sang  pria  berkata  lagi  setelah  hening  beberapa  saat.
“Aku  mohon  maaf  atas  kebodohanku  waktu  itu.  Tapi  aku  terpaksa  melakukannya.  Tak  ada  sedikitpun  niat  hatiku  untuk  melukai  hatimu”  ia  menjelaskan.
“Aku  juga  sudah  pernah  cerita  kan?”  Fitri  berkata  lagi.
“Apa  yang  harus  kulakukan?”  entah  pada  siapa  aku  bertanya.

Sang  pria  tiba-tiba  menjatuhkan  dirinya  dan  berlutut  dihadapanku.
“Bangun!”  terkejut  aku  berteriak.
“Kamu  mau  apa?”  tanyaku.
“Aku  ingin  menikahimu”  enteng  jawabnya.
“Bangun  dulu  dong  kamunya”  kataku  menyuruhnya.

Ia  tetap  saja  berlutut.  Kulirik  Fitri  lagi.  Fitri  hanya  tersenyum  saja  melihat  situasi  seperti  ini.

“Aku  akan  belajar  mencari  rumput  untuk  ternak  orangtua  kamu  deh.  Nanti  minta  diajarin  sama  ayah  kamu”
“Yang  nyari  kayu  bakarnya  siapa?”  tanyaku.
“Aku  juga  bisa  nyari  kayu  bakar”  sahutnya  cepat.
“Hmmm....  gimana  ya?”  aku  memutar-mutar  bola  mataku.

“Aku  minta  satu  syarat”  kataku  kemudian.
“Apapun  itu”  ia  mulai  tersenyum.
“Aku  minta  seluruh  hati  kamu  hanya  untukku”  kutatap  tajam  matanya.
“Takkan  pernah  bisa”  sahutnya  mengagetkanku.
“Yang  pertama  kan  selalu  Allah  Ta'ala.  Belum  lagi  aku  juga  akan  membagi  hatiku  untuk  putri  kita,  eh  putrimu  kan?”  ia  menjelaskan  sebelum  sempat  hilang  rasa  terkejutku.

Kucibirkan  bibirku  didepannya.  Dalam  hati  aku  bersyukur  ia  telah  dikembalikan  padaku,  bahkan  telah  mau  menerima  putriku  sebagai  bagian  dari  darah  dagingnya  sendiri.

“Ibu,  siapa  nih?”  putriku  bertanya  sembari  menunjuk  ia  yang  masih  berlutut.
“Duh....  capek  nih”  erang  sang  pria.

“Siapa  ya?”  aku  tersenyum  kepada  putriku.

No comments:

Post a Comment