Monday, March 24, 2014

Cerpen Kita: BIAR HUJAN MENGHAPUS JEJAKMU

BIAR HUJAN MENGHAPUS JEJAKMU



Kriiiingggg....
Bunyi  jam  weker  sungguh  mengganggu.  Sebenarnya  akupun  tak  suka  tapi  semalam  memang  aku  yang  menyetelnya.  Pkl  09.01  kulirik  waktu  di  jam  wekerku.


Terasa  berat  bangun  jam  segini  dihari  libur  buatku.  Tapi  ketika  terpikir  bahwa  hari  ini  adalah  hari  kencan  pertamaku  dengan  Yudi,  jadi  semangat  juga  untuk  membuka  mataku.  Mata  yang  masih  ingin  dipejamkan  lagi  karena  tak  terbiasa  bangun  dipagi  hari  seperti  ini,  kecuali  jika  hari-hari  sekolah  tentunya.

Kuseret  sepasang  kakiku  menuju  kamar  mandi.  Setelah  mandi  terasa  sedikit  terbuka  juga  sepasang  mataku.  Kubuka  lemari,  dan  kuambil  gaun  terusan  berwarna  biru  sepanjang  lututku  lebih  sedikit.  Kupakai  juga  sweater  rajutan  kebanggaanku  untuk  sekedar  menutup  bahuku  yang  terbuka.

Sejenak  aku  merasa  bingung  juga  didepan  cermin,  apakah  rambutku  yang  panjang  hitam  lurus  ini  harus  digeraikan  saja  atau  kutata  sedikit?  Hmmm....  setelah  kupatut-patut  diriku  sekali  lagi,  akhirnya  kuputuskan  untuk  memakai  topi  lebar  hadiah  dari  mama.

Baiklah,  aku  sudah  cantik  sekarang.  Sebenarnya  aku  sudah  cantik  dari  semenjak  lahir  koq  kupikir-pikir  lagi  sambil  menatap  wajah  yang  ada  di  cermin.

“Lisa  sarapan  dulu  sayang”  mama  memanggilku  dari  luar  kamar.
“Iya  ma”

Kurapikan  sekali  lagi  dandananku  hari  ini.  Kutatap  juga  cermin  sekali  lagi  untuk  memastikan  tak  ada  yang  kurang  dari  diriku.

“Buka  dulu  dong  topi  kamu”  mama  menegurku.
“Maaf  ma,  buru-buru  nih”  sahutku.

Kulepas  topiku.

“Mau  kemana  hari  ini?  Cantik  bener  putri  mama”
“Mau  jalan-jalan  sama  temen  doang  ma”  sahutku.
“Siapa?”  tanya  mama  lagi.
“Yudi  ma”
“Jalan  berdua  doang?”
Aku  hanya  menggangguk  karena  mulutku  sedang  sibuk  mengunyah.
“Jam  5  sore  kamu  sudah  harus  dirumah.  Dan  Yudi  harus  yang  nganterin  kamu  kerumah.” 
“Mama....”  aku  merajuk.
“Jam  5.”  Mama  melambaikan  tangan  kanannya  di  depan  wajahku.
Hilang  sudah  selera  makanku  pagi  ini.  Tadinya  kami  berencana  pulang  sedikit  lebih  sore  lagi.  Pkl  8  malam  mungkin.

Tapi  keputusan  mama  memang  keras.  Beliau  bilang  jam  5  ya  berarti  harus  jam  5.  Arrghhh....  ingin  rasanya  aku  mengacak-acak  rambutku.  Tapi  sayang  sudah  capek-capek  kutata  tadi,  masak  harus  kubongkar  lagi?

Setelah  selesai  makan  segera  ku  isi  tenggorokanku  dengan  segelas  jus  jeruk.  Sedikit  terasa  menyegarkan  otakku  yang  sedang  panas  memikirkan  ultimatum  mama  tadi.

Kuhela  nafas  panjang....

“Aku  berangkat  ma!”  teriakku  sambil  berjalan  menuju  gerbang  rumah.

“Hai  mau  kemana  Nur?”  kusapa  teman  sekelasku  yang  kutemui  di  depan  gerbang.
“Assalamu’alaikum,  aku  baru  pulang  dari  warung”  jawabnya.
“Beli  apaan  tuh?”  tanyaku  melirik  bawaannya.
“Bumbu  dapur,  disuruh  ibu” 
“Oh....”
“Aku  duluan  ya,  lagi  ditunggu  ibu.”  pamitnya.
“Oke  deh”  sahutku
“Assalamu’alaikum”  dia  berikan  salam  lagi.
“Wa’alaikum  salam”  kubalas  karena  merasa  tak  enak  hati  dengannya.

“Pagi  kak  Intan”  sapaku  pada  kasir  swalayan  yang  sedang  berjaga.
“Pagi  Lisa”  senyumnya.
Segera  kuhampiri  deretan  rak  minuman  ringan  di  sudut.  Kulihat-lihat  deretan  minuman  yang  tersusun  rapi  disana.  Kuraih  salah  satunya.

“Eh  lo  serius  ama  si  Lisa?”  kudengar  suara  dari  balik  rak.  Merasa  kenal  suaranya,  aku  ingin  memastikan  dengan  melihat  ke  cermin  yang  terpasang  di  sudut.  Oh  Yudi  bersama  temannya.  Segera  aku  berbalik  dan  menyapa  mereka.

“Ha....”  suaraku  terpotong  di  tenggorokan  oleh  kalimat  seseorang  dari  mereka.
“Ya  enggak  lah.  Gue  cuma  mau  deketin  si  Ayu  aja.  Ntar  kalo  dah  deket  ama  si  Ayu,  gue  buang  dia”  Yudi  yang  bicara.
“Ntar  kalo  si  Ayu  nanya  gimana?”  tanya  Yuda  lagi.
“Gampang  bisa  diatur.  Lo  kaya  enggak  tau  gue  aja.  Ha  ha  ha....”  Yudi  tertawa.

Sakit.  Kugigit  bibir  bawahku  keras.  Tak  bisa  kutahan  butiran  bening  yang  mulai  menggumpal  dan  menetes  turun  dari  sudut  mataku  ini.  Kuseret  sepasang  kakiku  perlahan-lahan  menjauh  dari  tempat  ini.  Masih  sempat  kuletakkan  minuman  yang  tadi  kuambil  di  meja  kasir.  Tak  kupedulikan  tatapan  heran  kak  Intan.

Segera  ku  berlari  keluar  swalayan. 

Turun  hujan  deras  setelah  aku  keluar  dari  swalayan,  seakan  menurut  perasaan  hatiku.  Cuaca  pun  menjadi  gelap,  awan  mendung  ditambah  lagi  derasnya  hujan.  Kumaki-maki  diriku  yang  begitu  bodohnya.  Begitu  mudahnya  aku  memilih  seseorang  yang  kukira  memang  pilihan  yang  tepat.  Sedikit  aku  bersyukur  karena  ini  baru  rencana  kencan  kami  yang  pertama  kali,  dan  akupun  belum  memberikan  apapun  padanya.

Kuteruskan  ayunan  langkahku  menembus  derasnya  guyuran  hujan.  Kuingin  segera  sampai  dirumah  dan  menangis  sepuasnya,  menumpahkan  semua  sakit  dihati  ini.

Kuhentikan  langkahku  sejenak  sebelum  menyeberang  jalan.
“Masa  kecil  kurang  bahagia  ya?  Ngapain  ujan-ujanan?”  sebuah  suara  mengagetkanku.
“Biarin”   ketusku. 
Payung  yang  dipegangnya  cukup  besar  untuk  kami  berdua.  Setelah  berdiri  disisiku  untuk  menyeimbangkan  lindungan  payungnya  untuk  kami,  ia  membantu  menyeberangkanku.

“Untung  ujannya  gede,  jadi  ga  bakalan  ketauan  kalo  kamu  lagi  nangis”
“Siapa  yang  nangis!”  bantahku.
“Ha  ha  ha  ha....  kamu  yang  anak  mami  gini  masa  mau  jalan  lagi  ujan  gede  gini?  Ga  usah  ngaco  deh,  tadi  di  swalayan  aku  juga  denger  apa  yang  mereka  omongin”
Gemuruh  didadaku  rasanya  bertambah  nyaring  saja  ketika  ia  terus  menemaniku  berjalan  pulang.

“Kenapa  kita  terjatuh?  Supaya  kita  bisa  belajar  untuk  bangkit  lagi”  katanya  ketika  kami  sudah  sampai  di  depan  gerbang  rumahku.  Disodorkannya  gagang  payung  ke  tanganku.
“Kamu?”  tanyaku
“Berikanlah  payung  pada  orang  yang  kehujanan  walaupun  ia  tidak  memintanya”  tersenyum  ia  memberikan  payungnya.
“Sebagai  seorang  cowo,  aku  akan  malu  jika  tadi  membiarkanmu  kehujanan  disana”  lanjutnya.

“Terimakasih....”  kuharap  hujan  menutupi  air  mataku  yang  tumpah  mengalir  dipipiku.

No comments:

Post a Comment